LISTING
PROGRAM
import javax.swing.JOptionPane;
public
class cariJodoh
{
public static void main(String[] args)
{
menu();
}
static void menu()
{
try
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"==Tes kecocokan anda dengan pasangan==");
String nama =
JOptionPane.showInputDialog ("Masukkan nama depan anda: ");
String kota =
JOptionPane.showInputDialog ("Masukkan kota lahir anda: ");
String jumlahPasangan=
JOptionPane.showInputDialog
("Masukkan jumlah
pasangan anda: ");
int j =
Integer.parseInt(jumlahPasangan);
for(int i=1; i<=j; i++)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Pasangan ke: "+i);
System.out.println
("=======================================================");
System.out.println
("Pasangan ke: "+i);
String namaPasangan =
JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nama depan pasangan anda:");
String kotaPasangan =
JOptionPane.showInputDialog("Masukkan kota lahir pasangan anda: ");
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama
anda adalah: "+nama.toUpperCase()+
" dan lahir di
"+kota+"\n apakah cocok dengan pasangan anda yang bernama "+
namaPasangan.toUpperCase()+"
dan lahir di "+kotaPasangan+
"\n KLIK OK UNTUK
MELIHAT HASILNYA");
System.out.println("\nPREDIKSI:");
int persen = (int)
(Math.random()*80);
char namaDepan =
nama.charAt(0);
char nDepanPasangan =
namaPasangan.charAt(0);
if
(namaDepan==nDepanPasangan)
{
persen=persen+10;
System.out.println("nama
depannya sama nih, sama-sama dimulai dengan
huruf"+namaDepan+"'");
}
if
(kota.equals(kotaPasangan))
{
persen =
persen+(int) (Math.random()*10);
System.out.println("Tempat
lahirnya sama, ada kemungkinan anda jodoh dengan
"+namaPasangan+"");
}
if
(nama.equals(namaPasangan))
{
persen = persen +
100;
System.out.println
("Nama anda Secara keseluruhan sama sama persis, "+
"itu artinya
anda jodoh sehidup semati dengan " +namaPasangan);
}
if (persen<20)
{
System.out.println
("Hasil kecocokan anda adalah " +persen+
"%, itu
artinya anda tidak cocok dengan "+
namaPasangan+"
bunuh dia, lalu cari lagi!");
System.out.println
("===============================================\n\n\n");
}
else if (persen<50)
{
System.out.println
("Kecil kemungkinannya brooo, cuma "+persen+
"%, lebih
baik putusin "+namaPasangan+", dan coba cari yang lain");
System.out.println
("==============================================\n\n\n");
}
else if (persen<70)
{
System.out.println
(persen+"% anda cocok dengan "+namaPasangan+
"! meski
hanya "+persen+"%, tapi masih ada kemungkinan anda jodoh dengan
"
+namaPasangan+", yah... meskipun sedikit");
System.out.println
("=================================================\n\n\n");
}
else if (persen<85)
{
System.out.println
(persen+"% anda cocok dengan "+namaPasangan+
"! mantap
broo, kemungkinan besar akan langgeng hubungan anda dengan
"+namaPasangan);
System.out.println
("================================================\n\n\n");
}
else if(persen<101)
{
System.out.println
(persen+"% anda cocok dengan pasangan anda! "+"cepat ajak merid
si "+namaPasangan+"");
System.out.println("==============================================\n\n\n");
}
else
{
System.out.println
(persen+"% anda cocok dengan pasangan anda! Gile aja lo, "+
"nama bisa
sama begitu! suruh ganti nama pasangan lo!!! sama-sama "+
nama+"
gitu... curang curang curang");
System.out.println("==============================================\n\n\n");
}
}
System.out.println();
System.out.println ("Udah
liatkan gimana hasilnya? pilihlah yang terbaik!!");
JOptionPane.showMessageDialog
(null,"Program by:Ansor \n\nThanks "+nama+
" karena sudah mencoba
program ini!\n\n"+
"Program di buat untuk
sarana pembelajaran semata");
}
catch(Exception ex)
{
JOptionPane.showMessageDialog
(null, "terjadi kesalahan eksepsi "+"\nprogram diulangi dari
awal");
}
}
}
LOGIKA
PROGRAM
import javax.swing.JOptionPane;
public
class cariJodoh
{
public static void main(String[] args)
{
menu();
}
static void menu()
{
try
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"==Tes kecocokan anda dengan pasangan==");
String nama =
JOptionPane.showInputDialog ("Masukkan nama depan anda: ");
String kota =
JOptionPane.showInputDialog ("Masukkan kota lahir anda: ");
String jumlahPasangan=
JOptionPane.showInputDialog
("Masukkan jumlah
pasangan anda: ");
int j = Integer.parseInt(jumlahPasangan);
Coding diatas
berfungsi untuk membuat program java dengan menggunakan kotak JOptionPane yang terdapat
dalam java kemudian membuat kelas java yaitu cariJodoh dan melakukan pengolahan
data yang ingin dibuat.
menu();
}
static void menu()
{
Coding diatas
berfungsi untuk membuat void menu atau judul dalam proses pertama yaitu dinamai
dengan judul menu. Kemudian coding
selanjutnya berfungsi untuk membuat kotak pesan atau message pada saat
melakukan pengetikan program.
for(int
i=1; i<=j; i++)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Pasangan ke: "+i);
System.out.println
("=======================================================");
System.out.println
("Pasangan ke: "+i);
String namaPasangan =
JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nama depan pasangan anda:");
String kotaPasangan =
JOptionPane.showInputDialog("Masukkan kota lahir pasangan anda: ");
Coding
diatas berfungsi untuk melakukan perhitungan pada saat melakukan pengetikan
program. Kemudian membuat sebuah kotak dialog kemudian ditampilkan untuk proses
yang kedua.
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama
anda adalah: "+nama.toUpperCase()+
" dan lahir di
"+kota+"\n apakah cocok dengan pasangan anda yang bernama "+
namaPasangan.toUpperCase()+"
dan lahir di "+kotaPasangan+
"\n KLIK OK UNTUK
MELIHAT HASILNYA");
Coding
diatas berfungsi untuk membuat pesan dialog dengan melakukan proses yang berupa
pertanyaan dengan sebuah kotak yang harus diisi oleh pemakai/pengguna program
ini.
System.out.println("\nPREDIKSI:");
int
persen = (int) (Math.random()*80);
char
namaDepan = nama.charAt(0);
char
nDepanPasangan = namaPasangan.charAt(0);
Coding diatas
digunakan untuk melakukan sebuah prediksi dalam sebuah percobaan ramalan cari
jodoh dengan cara melakukan perhitungan mengalikan semua nilai dengan nilai 80
sesuai dengan nama depan anda dengan nama depan pasangan anda.
if
(namaDepan==nDepanPasangan)
{
persen=persen+10;
System.out.println("nama
depannya sama nih, sama-sama dimulai dengan
huruf"+namaDepan+"'");
}
if
(kota.equals(kotaPasangan))
{
persen =
persen+(int) (Math.random()*10);
System.out.println("Tempat lahirnya sama, ada kemungkinan
anda jodoh dengan "+namaPasangan+"");
}
Coding
diatas digunakan untuk melakukan proses ramalan cari jodoh dengan objek nama
depan anda dan pasangan itu sama hurufnya. Coding selanjutnya digunakan untuk
melakukan ramalan cari jodoh dengan nama kota lahir yang sama dengan nama
pasangan anda dengan cara mengalikan perhitungannya adalah mengalikan dengan
nilai 10.
if
(nama.equals(namaPasangan))
{
persen = persen +
100;
System.out.println
("Nama anda Secara keseluruhan sama sama persis, "+
"itu artinya
anda jodoh sehidup semati dengan " +namaPasangan);
}
if (persen<20)
{
System.out.println
("Hasil kecocokan anda adalah " +persen+
"%, itu
artinya anda tidak cocok dengan "+
namaPasangan+"
bunuh dia, lalu cari lagi!");
System.out.println
("===============================================\n\n\n");
}
Coding diatas
berfungsi untuk melakukan perhitungan dengan objek nama pasangan secara keseluruhan
pada saat melakukan perhitungan pada langkah yang dibuat sebelumnya.
else
if (persen<50)
{
System.out.println
("Kecil kemungkinannya brooo, cuma "+persen+
"%, lebih
baik putusin "+namaPasangan+", dan coba cari yang lain");
System.out.println
("==============================================\n\n\n");
}
else if (persen<70)
{
System.out.println
(persen+"% anda cocok dengan "+namaPasangan+
"! meski
hanya "+persen+"%, tapi masih ada kemungkinan anda jodoh dengan
"
+namaPasangan+",
yah... meskipun sedikit");
System.out.println
("=================================================\n\n\n");
}
Coding
diatas berfungsi untuk melakukan perhitungan jika kecocokan anda kurang dari
50persen maka kecil kemungkinan anda dengan pasangan anda harus mencari
pasangan yang lain. Coding selanjutnya berfungsi untuk melakukan perhitungan
jika kecocokan anda kurang dari 70persen maka masih ada kemungkinan anda jodoh
dengan pasangan anda meskipun masih sedikit.
else
if (persen<85)
{
System.out.println
(persen+"% anda cocok dengan "+namaPasangan+
"! mantap
broo, kemungkinan besar akan langgeng hubungan anda dengan
"+namaPasangan);
System.out.println
("================================================\n\n\n");
}
else if(persen<101)
{
System.out.println
(persen+"% anda cocok dengan pasangan anda! "+"cepat ajak merid
si "+namaPasangan+"");
System.out.println("==============================================\n\n\n");
}
Coding diatas
berfungsi untuk melakukan perhitungan jika kecocokan anda kurang dari 85persen
maka kemungkinan besar anda akan langgeng dengan pasangan anda. Coding
selanjutnya berfungsi untuk melakukan perhitungan jika kecocokan anda kurang
dari 101persen maka anda sangat cocok dengan pasangan anda, maka cepatlah ajak
nikah pasangan anda.
else
{
System.out.println
(persen+"% anda cocok dengan pasangan anda! Gile aja lo, "+
"nama bisa
sama begitu! suruh ganti nama pasangan lo!!! sama-sama "+
nama+" gitu...
curang curang curang");
System.out.println("==============================================\n\n\n");
}
}
Coding
diatas berfungsi jika anda cocok dengan pasangan anda karena namanya sama dan
membuat yang lainnya merasa iri..
System.out.println();
System.out.println ("Udah
liatkan gimana hasilnya? pilihlah yang terbaik!!");
JOptionPane.showMessageDialog
(null,"Program by:Ansor \n\nThanks "+nama+
" karena sudah mencoba
program ini!\n\n"+
"Program di buat untuk
sarana pembelajaran semata");
}
Coding
diatas berfungsi untuk menampilkan sebuah pesan dialog yang berisi kalimat
seperti diatas.
catch(Exception
ex)
{
JOptionPane.showMessageDialog
(null, "terjadi kesalahan eksepsi "+"\nprogram diulangi dari
awal");
}
}
}
Coding diatas
berfungsi untuk melakukan pengecekan jika terjadi kesalahan maka program akan
dijalankan lagi dari awal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar